Rabu, 12 Mei 2010

Menghormati Antar Sesama

Udah lama pengen postingin blog ini karna gue suka banget sama jalan ceritanya. Yoo cekidot man.

Belakangan ini gue sering pulang bareng ama temen kampus gue, namanya Rangga. Bukan pulang bareng sih, lebih tepatnya nebeng pulang-pergi ke kampus. Karna gue ga punya kendaraan pribadi buat ke kampus, uda gitu rute Rangga buat nyampe kampus melewati komplek perumahan gue, jadilah gue sering janjian ama dia buat nebeng.

Gue sering berkelana naik Denok aka Vespanya si Rangga. Tentunya berkelana sama si empunya. Ceritanya pulang kampus lagi ngobrol di Vespa., trus lewat lah Vespa lain. Dengan segera kedua pengendara itu saling memberikan teguran. Tidak terdengar suara, tapi cukuplah anggukan kepala sebagai simbol tegurannya. Gue speechless, heran, gue berfikir jangan-jangan Rangga emang kenal ama orang itu. Gue simpen misteri ini, biar gue sendiri yang akan menguaknya.

Keesokan harinya lagi-lagi dijalan yang sama, ketika melintas kita berpapasan dengan sebuah pengendara Vespa lainnya. Dan dengan sesegera pula teguran pun melayang buat semuanya. Gue makin tertegun sama apa yang gue rasain. Nuansa kekeluargaannya begitu pekat di antara anak Vespa.

Kejadian ini uda sering gue alamin. Ketika ada pengendara Vespa lain lewat dengan spontan gue memberikan teguran, biarpun gue hanya seseorang yang di bonceng. Tapi gue suka dengan cara kaya gini. Tiap lagi jalan gue selalu terjaga siapa tau ada pengendara lain yang melintas, dan ini gue jadikan ajang tegur-sapa, biarpun gue bukan anak Vespa. Eeh lebih tepatnya gue ga punya Vespa.

Suatu hari si Denok ngambek. Sore itu gue baru balik dari ruma temen gue. Di jalan si Denok ngadet-ngadet, kaya lagi ga bersahabat. Ternyata bener aja, uda berjalan agak jauh, Vespanya Rangga mati. Di stater kaga mau idup juga. Terpaksa kita harus menepi buat ngecek keadaan Denok. Ketika Rangga lagi ngotak-ngatik motornya, ketika gue lagi ngemil chiki (Jahat banget ye, temen lagi benerin motor gue malah enak-enakan ngemil. Masalahnya gue ga ngerti apa-apa tentang mesin hehehe), dan ketika itu pula ada seorang pengendara Vespa klasik melintas depan gue. Berhubung gue lagi diri di deket Vespa, mungkin dia mikir Vespa itu punya gue, padahal ada Rangga yang lagi nungging-nungging benerin Vespanya, si pengendara Vespa itu tersenyum sama gue. Gue risih juga disenyumin ama cowok, tapi mungkin senyum itu adalah tanda teguran buat anak Vespa (Lagi-lagi gue dikira anak Vespa), jadi tanda senyum itu gue bales aja ama anggukan kepala. Takut takut nanti kalo gue senyum juga dia malah naksir ama gue lagi hahahaha.

Iseng-iseng pas Rangga lagi nginstall laptopnya diruma temen gue, gue minjem Vespanya dengan alibi mau berkeliling. Padahal dengan hasrat yang menggebu gue mau ke jalan raya tempat dimana gue bertemu dengan sesama pengendara Vespa. Setelah bersusah payah ngidupin tu Vespa, jalanlah gue menuju jalan raya itu. Gue jalan dengan kecepatan yang terbilang pelan. Gue berharap dengan durasi yang lama itu gue bisa nemu banyak pengendara Vespa supaya gue bisa ngerasain lagi kekerabatan antar anak Vespa (Yahhh anak Vespa lagi).

Mungkin karna gue bukan anak Vespa sejati, ketika perjalanan gue uda hampir nyampe ujung jalan, belum satu pun gue bertemu dengan pengendara Vespa lainnya. Masih penasaran gue puter balik aja, gue berfikir pasti gue bakal ketemu. Dan sialnya, setelah puter balik pun gue tetep ga ketemu sama anak Vespa yang lain. Gue rasa para pengendara Vespa yang lain pun tau mana yang bener-bener anak Vespa dan mana yang anak Vespa gadungan.

Oke, Vespa aja bisa saling tegur-sapa biarpun mereka ga kenal satu sama lain. Bagaimana dengan pengendara yang lain? Gue harap ini ada untuk semuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar