Senin, 22 Februari 2010

Jawaban Softskill Minggu Kedua

1. Jelaskan yang dimaksud teori belahan otak kanan dan otak kiri, serta beri contohnya!
Anak yang baru lahir gerakannya belum berdifensiasi. Lalu lambat laun berkembang menjadi pola dengan kecenderungan bagian kiri atau kanan. Setiap orang pastinya mempunyai sisi yang dominan. Di dalam otak terdapat “Dichotomia” yang membagi fungsi mental menjadi fungsi belahan otak kanan dan otak kiri.
Contoh: kebanyakan orang lebih biasa menggunakan tangan kanan yang didominasi oleh belahan otak bagian kiri. Tetapi untuk orang yang kidal adalah sebaliknya, otak bagian kanan lah yang mendominasi.

2. Mengapa otak kanan dan kiri harus bekerja secara seimbang?
Orang harus menggunakan bagian otak dengan seimbang Jika salah satu bagian mengerjakan tugas secara dominan tanpa adanya penyeimbangan bisa saja terjadi stres, maupun gangguan mental atau fisik.

3. Bagaimana cara untuk menyeimbangkan cara kerja belahan otak kanan dan kiri?
Kebanyakan dari aktifitas kita menitik beratkan pada kerja otak kiri seperti berhitung, membaca, dan menulis. Untuk menyeimbangkannya perlu kita memasukan unsur seni, musik dan hal lain yang berhubungan dengan kerja otak kanan.

4. Bagaimana mengembangkan kreatifitas pada anak dimana otak kanannya terhambat?
Otak kanan memegang peranan penting untuk EQ seseorang. Ada baiknya kreatifitas anak yang terhambat otak kanannya diselingi dengan kegiatan dari otak kiri dan dilatih secara kontinyu. Contohnya berfikir secara konkret (bagian otak kiri) lalu berikan stimulus untuk berfikir secara abstrak (bagian otak kanan), bekerja dengan diarahkan (bagian otak kiri) lalu bekerja secara bebas (bagian otak kanan), dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar