Senin, 22 Februari 2010

Jawaban Softskill Minggu Ketiga

1. Menurut anda, mengapa kreativitas bermakna dalam hidup?
Kreativitas adalah suatu proses yang menghasilkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan atau suatu objek dalam suatu bentuk atau susunan yang baru (Hurlock 1978).
Hidup perlu kreativitas untuk merubah sesuatu hal menjadi lebih indah. Perlu kreasi dan inovasi baru untuk memperbaharui tatanan yang sudah baku. Karna dengan kreativitas aplikasi hidup bisa lebih hidup.

2. Mengapa kreativitas perlu di pupuk sejak dini?
Kreativitas adalah bibit unggul untuk mengembangkan potensi diri. Ekspresi sangat diperlukan untuk mendukung tumbuhnya kreativitas. Jika potensi terhambat untuk bisa menunjukan kreasi maka sangat disayangkan jika seorang anak hanya stag pada keadaan yang sudah ada.

3. Bagaimana peranan atau strategi 4P untuk anak?
Harus bisa saling bekerja sama secara baik dan berkesinambungan agar bisa berjalan dengan baik.

4. Guilford (1967) menyatakan bahwa intelejensi berkaitan dengan berpikir secara konvergen, sedangkan kreativitas adalah berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk berpikir divergen. Bagaimana menurut anda mengenai pernyataan diatas?
Keduanya sangat berkaitan erat. Intelejensi adalah proses dari berpikir konvergen, dan kreativitas adalah proses dari berpikir divergen.

5. Berikan contoh tiga perilaku kreatif yang mencerminkan Teori Freud (Psikoanalisis) dan Teori Kris (Defense Mechanism)!
*Teori Freud: proyeksi, represi, sublimasi.
*Teori Kris: mencari jalan keluar dalam menghadapi permasalahan, mencoba menghadapi segala tantangan dan hambatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar