Rabu, 28 April 2010

Kenangan Setahun Yang Lalu

Kemarin hari Senin adalah pengumuman kelulusan buat semua temen-temen SMA di Indonesia. Gue liat berita yang disiarin di tipi berbagai macam selebrasi dilakukan oleh para remaja ABG itu buat nunjukin kelulusan mereka. Bahkan ada yang sampe pingsan gara-gara ga kuat nahan rasa senengnya itu. Lain selebrasi yang lulus, lain lagi buat yang ga (belum, karna bakal ada ujian ulang buat yang nilainya kurang) lulus. Banyak dari mereka yang nangis histeris, yang ga kuat mentalnya pada pingsan, trus ada juga yang marah-marah gabisa nerima keadaan kaya gini. Kata Bapak Muhammad Nuh selaku Menteri Pendidikan Indonesia, katanya di Indonesia emang ada penurunan tingkat kelulusan sebesar 4%. Yang paling banyak ga lulus ada di daerah Indonesia bagian timur. Widih serem juga ya kalo ampe ga lulus gitu.

Brother gue Ramzy Minggu malem sms gue, dia minta saran ama ague, dia bilang dia stress nunggu hasil pengumuman besok. Dia takut ga lulus katanya. Sebagai teman yang lebih tua setaun gue kasi aja wejangan buat dia.

Apa yang Ramzy rasain sama kaya yang gue rasain setaun yang lalu. Ketika itu gue dapet kabar dari temen gue kalo di sekolah gue ada yang ga lulus, khususnya dari kelas gue. Gue panik, tegang, stress, takut, semuanya campur aduk. Gue udah ngebayangin hal yang aneh-aneh. Gue gamau kaya gitu. Gue pergi ke warnet buat ngeliat hasilnya lulus ato ngga, tapi tu jaringan tak kunjung bisa digunakan. Bingung mau berbuat apalagi. Sambil duduk gue berdoa sama Allah semoga gue dapet hasil yang paling baik. Gue pasrahin hidup gue sama hasil yang udah gue bikin di lembar LJK. Apapun hasilnya gue harus terima karna itu semua ulah yang udah gue buat.

Temen-temen gue uda pada ngasi kabar kalo mereka lulus, sedangkan gue sendiri masi panik dirumah. Ga lama gue coba telfon wali kelas gue. Saat itu gue liat udah jam sepuluh lewat. Gue berfikir takut ganggu waktu dia istirahat, tapi kalo ga ditelfon gue ga tau hasilnya. Terpaksa sang wali kelas harus terganggu waktu tidurnya sama gue. Setelah beberapa lama telfon-telfonan gue belum juga dapet hasilnya. Wali kelas gue ngeyakinin gue lulus, tapi gue belum yakin karna dari nada suaranya belum terdengar meyakinkan. Dan pada saat yang bersamaan ponsel gue berdering. Gue angkat telfonnya, ternyata dari temen gue. Dia ngabarin gue lulus. Kalo udah dua orang yang ngomong mah gue percaya. Karna uda ngerasa teryakini makanya gue langsung bersyukur.

Setahun yang lalu gue merasakan betapa kencengnya jantung gue clubbing, dan sekarang temen-temen yang lain juga merasakan hal itu. Besok dan seterusnya pasti ada yang ngerasain juga hal kaya gitu.

Syukurin aja apa yang udah di dapet. Kalo emang mau hasil yang bagus, usaha semaksimal mungkin. Sesungguhnya Allah Maha Tau seberapa besar pengorbanan kita. Dan pengorbanan yang kita lakukan tentunya akan mendapatkan hasil yang setimpal.

Semangat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar