Selasa, 03 April 2012

Bukan Afgan, Kali Ini Bisma Smash

Jadi inget kalo dulu selagi gue ngelatih basket di SMP, ada beberapa anak yang bilang gue mirip sama penyanyi ganteng Afgan Syahreza yang biasa dipanggil Afgan. Mungkin buat gue ini suatu anugerah disamain sama mas ganteng itu. Tapi kayanya buat Afgan dia ga pantes banget kalo dibilang mirip sama pria perawakan pas-pasan kaya gue gini :p

Nah untuk tahun sekarang, untuk yang kedua kalinya gue di amanah kan buat jadi mentor pas lagi pesantren kilat di SMP. Tahun kemaren cukup lah gue merasakan euphoria menjadi seorang mentor pada bulan Ramadhan. Dan sekarang ini harusnya gue bisa membenahi dan belajar banyak dari taun lalu untuk bisa menjadi mentor yang baik untuk anak-anak peserta sanlat.

Taun ini sistemnya beda sama yang kemarin. Kalo kemaren kan setiap jenjang kelas dapet jatah dua hari buat ngikutin sanlat. Hari pertama dari pagi sampe siang, dan hari kedua dari siang sampe menjelang buka puasa. Sekarang tiap tingkatan kelas cuma dapet seharian penuh dari pagi sampe buka puasa bersama. Ga kebayang deh jagain anak-anak, ngasi materi, ngasi games, mesti ngisi muhasabah juga, gatau bakal jadi apa. Awalnya ngerasa ga yakin buat mampu ngelakuin ini. Berangkat dengan Bismillah gue pun berusaha untuk membantu acara semaksimal mungkin.

Dan sekarang di taun yang kedua kebetulan sahabat gue, Eka, lagi libur kuliah. Kayaknya dia juga lagi nyoba-nyoba nih nyari pengalaman jadi mentor. Gayung bersambut dia pun setuju untuk bantu-bantu di acara tersebut.

Berhubung lagi bulan puasa, gue ga boleh ngeluh dong. Apapun itu udah menjadi resiko dan tanggung jawab gue yang meng-iya-kan pekerjaan ini. Jujur aja di hari pertama banyak agenda yang ngaret dari jadwal. Dan yang bikin gue ngerasa lebih berdosa ketika menjelang sore pada saat anak-anak bermain games, gue malah menunda sholat Ashar berjamaah. Semoga Tuhan mau memaafkan kesalahan gue ini.

Di hari kedua dan ketiga, gue sama Eka bisa lebih rileks dalam membimbing anak-anak. Semua materi yang gue kasih semuanya merangkap dari hari pertama sampe hari terakhir sanlat. Otomatis ketika di hari yang pertama menemukan kendala, lalu di hari kedua berusaha untuk lebih baik lagi, pastinya di hari yang ketiga sudah harus bisa menyajikan acara dengan sangat amat baik.

Dan tetep aja ketika adzan Maghrib berkumandang naluri gue untuk mencari makanan sangat amat besar. Gue, Eka, dan temen-temen panitia sanlat lainnya berbondong-bondong menuju setiap kelas yang sedang asik menyantap hidangan buka puasa untuk meminta “jatah”. Dan Tuhan pun menjawab doa gue sedari siang dengan memberikan makanan yang berlimpah.

Alhamdulillah, puji syukur semua tugas Insya Allah sudah gue kerjakan dengan semaksimal mungkin. Semoga apa yang udah gue, Eka, dan temen-temen panitia kerjakan bisa menjadi pahala tersendiri untuk masing-masing. Amiiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar